Selasa, 13 Juni 2023

Demonstrasi Kontekstual: Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambaran aktivitas saya sebagai Guru Penggerak dalam 3 tahun mendatang yang dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (Berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif) dalam keseharian, terprogram rutin berkesinambungan maupun ad-hoc (khusus) adalah sebagai berikut:

1.      Berpihak pada murid

Sebagai Penggerak segala keputusan yang diambil harus didasari oleh semangat untuk memberdayakan dirinya serta memanfaatkan aset/kekuatan yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi muridnya.

Hal yang saya lakukan adalah:

-          Mendesain proses pembelajaran yang Berpihak pada Murid

-          Melaksanakan Asesmen Diagnostik

-          Melaksanakan pembelajaran Berdifferensiasi

2.      Mandiri

Nilai mandiri secara sederhana menggambarkan semangat Guru Penggerak untuk terus belajar sepanjang hayat sehingga terus termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah, dinas atau pihak lain.

Hal yang saya lakukan adalah:

-          Aktif dalam menumbuhkan dan menggerakkan komunitas praktisi di sekolah

-          Aktif membangun komunitas dalm forum MGMP

-          Aktif mengikuti kegiatan pengembangan profesi

3.      Reflektif

Model mental dimana Guru Penggerak senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya baik terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Guru yang memiliki nilai reflektif memiliki daya saing yang tinggi sehingga terus meningkatkan efikasi diri serta mendorong dirinya untuk memperbaiki kualitas kinerja dan hasil kerjanya. Guru Penggerak juga dapat mendorong perubahan diri yang sifatnya eksternal menuju penguatan diri yang bersifat internal.

Hal yang saya lakukan adalah:

-          Secara rutin melakukan refleksi secara mandiri

-          Memanfaatkan hasil refleksi dalam memperbaiki kualitas pembelajaran

-          Berperan aktif dalam supervisi pembelajaran

4.      Kolaboratif

Bahwa Guru Penggerak mampu senantiasa membangun daya sanding karena memperhatikan pentingnya ketergantungan positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah (orangtua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Hal yang saya lakukan adalah:

-          Kolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat dan orangtua murid dalam kegiatan sekolah

-          Membangun kolaborasi CORAK KOPI di sekolah

-          Memulai karya bersama inovasi pembelajaran di sekolah

5.      Inovatif

Guru Penggerak mampu memunculkan gagasan segar dan tepat guna yang mengisyaratkan penguatan semangat ko-kreasi (gotong royong) dan pemberdayaan aset/kekuatan yang ada di sekolah untuk mewujudkan visi bersama.

Hal yang saya lakukan adalah:

-          Aktif berbagi tulisan tentang pembelajaran di blog pribadi

-          Aktif berbagi aktifitas dan refleksi program CORAK KOPI

-          Aktif bekerjasama dengan perpustakaan SMA Negeri 8 Kediri untuk meningkatkan literasi

-          Aktif berperan dalam pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar