Gambaran aktivitas saya sebagai Guru Penggerak dalam 3 tahun mendatang yang dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (Berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif) dalam keseharian, terprogram rutin berkesinambungan maupun ad-hoc (khusus) adalah sebagai berikut:
1. Berpihak pada murid
Sebagai Penggerak segala keputusan yang
diambil harus didasari oleh semangat untuk memberdayakan dirinya serta
memanfaatkan aset/kekuatan yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan
proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi muridnya.
Hal yang saya lakukan adalah:
-
Mendesain proses pembelajaran
yang Berpihak pada Murid
-
Melaksanakan Asesmen
Diagnostik
- Melaksanakan pembelajaran Berdifferensiasi
2. Mandiri
Nilai mandiri secara sederhana menggambarkan
semangat Guru Penggerak untuk terus belajar sepanjang hayat sehingga terus
termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan
yang ditugaskan oleh sekolah, dinas atau pihak lain.
Hal yang saya lakukan adalah:
-
Aktif dalam
menumbuhkan dan menggerakkan komunitas praktisi di sekolah
-
Aktif membangun
komunitas dalm forum MGMP
- Aktif mengikuti kegiatan pengembangan profesi
3. Reflektif
Model mental dimana Guru Penggerak senantiasa
memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya baik terjadi pada diri
sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Guru yang memiliki
nilai reflektif memiliki daya saing yang tinggi sehingga terus meningkatkan
efikasi diri serta mendorong dirinya untuk memperbaiki kualitas kinerja dan
hasil kerjanya. Guru Penggerak juga dapat mendorong perubahan diri yang
sifatnya eksternal menuju penguatan diri yang bersifat internal.
Hal yang saya lakukan adalah:
-
Secara rutin melakukan
refleksi secara mandiri
-
Memanfaatkan hasil refleksi
dalam memperbaiki kualitas pembelajaran
- Berperan aktif dalam supervisi pembelajaran
4. Kolaboratif
Bahwa Guru Penggerak mampu senantiasa
membangun daya sanding karena memperhatikan pentingnya ketergantungan positif
terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah
maupun diluar sekolah (orangtua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai
tujuan pembelajaran.
Hal yang saya lakukan adalah:
-
Kolaborasi dengan
kepala sekolah, rekan sejawat dan orangtua murid dalam kegiatan sekolah
-
Membangun kolaborasi
CORAK KOPI di sekolah
- Memulai karya bersama inovasi pembelajaran di sekolah
5. Inovatif
Guru Penggerak mampu memunculkan gagasan segar
dan tepat guna yang mengisyaratkan penguatan semangat ko-kreasi (gotong royong)
dan pemberdayaan aset/kekuatan yang ada di sekolah untuk mewujudkan visi
bersama.
Hal yang saya lakukan adalah:
-
Aktif berbagi tulisan
tentang pembelajaran di blog pribadi
-
Aktif berbagi
aktifitas dan refleksi program CORAK KOPI
-
Aktif bekerjasama
dengan perpustakaan SMA Negeri 8 Kediri untuk meningkatkan literasi
- Aktif berperan dalam pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar