CORAK KOPI adalah hasil ruang kolaborasi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak yang disusun oleh Trio AsiQ yaitu Ika Agustina (TK Dharma Wanita Pakunden II), Susilowati (SMP Negeri 7 Kediri) dan Wahidah Qomariyah (SMA Negeri 8 Kediri).
Perwujudan nilai dan peran Guru Penggerak yang kolaboratif demi terlaksananya pembelajaran yag berpihak pada murid, maka tim kami membuat program kegiatan CORAK KOPI. Program CORAK KOPI merupakan akronim dari COach penggeRAK KOlaborasi Pemikiran Inovatif. Program ini bertujuan sebagai tempat saling berbagi ide untuk mendesain pembelajaran yang berpihak pada murid, mendorong kolaborasi sekaligus merintis para pemimpin pembelajaran di sekolah dan menumbuhkan dan menghidupkan komunitas praktisi di sekolah.
Langkah pelaksanaan
program CORAK KOPI terdiri dari: Melakukan refleksi secara mandiri dan
melakukan kolaborasi dengan kepala sekolah maupun rekan guru; Mengumpulkan
ide-ide; Menyusun strategi pembelajaran, Mengimplementasikan strategi
pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang didesain
diarahkan sebagai kegiatan yang lebih berpihak pada murid, misalnya edugame,
pembelajaran diluar kelas dan pembelajaran literasi yang menyenangkan bagi
siswa.
Hambatan dalam program
ini adalah memulai kolaborasi dalam forum bersama (tidak semua guru bersedia
untuk berkontribusi) dan banyaknya kegiatan guru setelah selesai mengajar
sehingga membuat kurangnya komunikasi dengan rekan sejawat. Solusinya adalah
memulai perubahan positif dari diri sendiri, melakukan komunikasi dengan baik
untuk memulai kolaborasi an membangun empati tentang pelaksanaan pembelajaran
di sekolah agar lebih berpihak pada murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar