Jumat, 24 November 2023

MULAI DARI DIRI MODUL 3.2: PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik yang terjadi di lingkungan. Komponen biotik di sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orangtua/walimurid, masyarakat sekitar sekolah, dinas terkait dan pemerintah daerah. Sedangkan faktor abiotik yang berperan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran diantaranya keuangan, sarana dan prasarana serta lingkungan alam.

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumberdaya yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan oleh sekolah meliputi sumberdaya manusia seperti kompetensi yang dimiliki oleh guru, kepemimpinan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, serta siswa yang memiliki potensi akademik maupun non akademik. Selain itu juga terdapat sumberdaya berupa sarana dan prasarana sekolah misalnya gedung, laboratorium komputer, sarana dan prasarana yang ada di kelas (misalnya papan tulis, bangku dan meja belajar), laboratorium sains dan jaringan internet. 

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin sekolah kami adalah, beliau adalah orang yang visioner, menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan potensi murid, memaksimalkan potensi sekolah dan sumberdaya yang ada untuk memajukan sekolah. Salah satu program sekolah yang sedang berjalan adalah Sistem Monitoring Sekolah (SMS) yang digunakan untuk memantau pembelajaran, prestasi, pelanggaran serta pengarsipan perangkat mengajar guru secara individual, sistematis dan terstruktur dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Peran pemimpin sekolah yang ideal adalah yang dapat menjadi teladan dalam tindakan, pengambilan keputusan maupun penentuan kebijakan. Pemimpin sekolah yang dapat memiliki Kompetensi Sosial Emosional (KSE) yang baik dan dapat mengaplikasikan KSE tersebut menjadi budaya sekolah yang positif baik bagi guru, tenaga kependidikan maupun siswa sehingga tercipta ekosistem sekolah yang aman, nyaman dan kondusif.

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi saya dalam ekosistem sekolah sebagai pemimpin pembelajaran berdifferensiasi yang berpihak pada murid dengan mengintegrasikan KSE dan budaya positif. Saya juga berperan sebagai Tim Pengembang Sekolah (TPS) bidang literasi, pembina KSN Biologi, walikelas, pengelola Prodistik (Program Terapan Bidang TIK) bekerjasama dengan ITS dan pengelola kelas Cerdas Istimewa. Peran saya dalam tugas tersebut telah memanfaatkan sumberdaya sekolah berupa ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium sains, masjid, taman sekolah, jaringan internet sekolah dengan bekerjasama dengan pimpinan sekolah, teman sejawat baik guru maupun tenaga kependidikan.

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan pada diri saya sebagai pendidik, pemimpin dan pada murid setelah mempelajari modul ini adalah:
- Diri Sendiri

Dengan sumberdaya yang saya miliki saya berharap dapat memberikan kebermanfaatan yang sebesar-besarnya dalam mengembangkan potensi murid dalam bidang akademik maupun non akademik. Penerapan yang saya lakukan adalah dengan melaksanakan pembelajaran berdifferensiasi yang terintegrasi KSE dan budaya positif dengan segenap potensi kekuatan dan tantangan yang ada baik secara individu maupun dalam komunitas.
- Murid
Dengan sumberdaya yang dimiliki oleh guru dan tenaga kependidikan maupun sekolah murid dapat mencapai kesejahteraan psikologis (well being) sehingga dapat mengembangkan kekuatan dan potensi akademik maupun non akademiknya dengan baik.
- Sekolah
Dengan sumberdaya yang dimiliki oleh guru, murid dan tenaga kependidikan sekolah kami dapat menjadi sekolah yang lebih baik dalam mewujudkan visi dan misinya yaitu sukses dalam menumbuhkembangkan akhlak mulia, iman taqwa, kecerdasan, dan ketrampilan.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Materi yang diharapkan:
- Faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah
- Cara mengidentifikasi sumberdaya potensial yang ada di sekolah 
- Strategi pengelolaan sumberdaya sekolah secara efektif
Kegiatan yang diharapkan:
- Sesi sharing dan diskusi bagaimana menciptakan ekosistem sekolah yang baik
- Sesi sharing dan diskusi bagaimana strategi pengelolaan sumberdayasekolah yang baik
- Sesi praktik mendesain identifikasi sumberdaya sekolah yang potensial dan strategi pengelolaannya
Manfaat yang saya harapkan:
- Memahami dan mampu mengidentifikasi sumberdaya yang dimiliki sekolah
- Mampu menganalisa sumberdaya sekolah dan merancang strategi pemenfaatannya bagi kemajuan sekolah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar