Durasi : 4 JP (180 Menit)
Moda: Penugasan Mandiri
"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."
- Nadiem Makarim-
REFLEKSI
Peristiwa (Fact)
KSN Biology Project merupakan Program
olimpiade dan penelitian bidang studi Biologi untuk melatih siswa memiliki
kompetensi akademik dan keterampilan metode ilmiah serta meningkatkan peluang
mereka dalam studi lanjut perguruan tinggi terutama pada bidang studi Biologi
yang bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, membangun kreativitas murid
dalam melakukan penelitian Biologi, mengembangkan sportivitas murid melalui
kompetisi olimpiade Biologi maupun penelitian Biologi, memperkuat motivasi
murid untuk melanjutkan studi pada Perguruan Tinggi Impian, meningkatkan
kecakapan abad 21 yang meliputi kecakapan berpikir kritis dan
pemecahan masalah, kecakapan berkomunikasi, kreativitas dan inovasi,
serta kolaborasi, membuka kesempatan untuk mendapatkan prioritas melanjutkan
sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Pada B-uat pertanyaan Utama Aksi Nyata
yang dilakukan adalah Diskusi bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah
serta rekan sejawat serta melibatkan murid dalam dialog untuk membangun
interaksi yang suportif dan kolaboratif dalam mengembangkan program.
Aksi Nyata Tahap A-mbil Pelajaran
saya lakukan dengan mencari tahu lebih lanjut tentang kegiatan apa yang selama
ini disukai oleh murid dalam berinteraksi dengan adik maupun kakak kelas,
aktivitas apa yang menarik bagi murid dalam membangun sikap ilmiah serta
mempelajari kebijakan sekolah yang mendukung pengembangan sikap ilmiah dan
keterampilan berinteraksi sosial yang positif. Hal tersebut saya lakukan dengan
wawancara dengan murid program KSN tahun sebelumnya, survey dan sharing session
komunitas murid/kegiatan ekstrakurikuler yang telah berjalan serta
mengidentifikasi kebijakan sekolah tentang kegiatan/program sekolah yang
berdampak positif bagi pengembangan sikap ilmiah dan keterampilan berinteraksi
sosial yang positif
Perasaan (Feeling)
Perasaan saya optimis untuk dapat
melaksanakan dan mengembangkan program dengan baik. Hal tersebut karena adanya
dukungan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, rekan sejawat maupun murid.
Murid juga antusias untuk memaparkan ide-idenya tentang aktivitas KSN yang akan
dilakukan bersama. Perasaan saya senang dan bersemangat karena murid memiliki
kemauan yang positif dalam mengembangkan program ketika mereka dilibatkan dalam
program yang akan berjalan. Hal ini berdampak pada murid-murid lain yang ingin
mengikuti program karena menurut mereka program ini akan lebih menarik daripada
KSN pada tahun sebelumnya. Sharing session yang
dilakukan juga dapat menjadi fasilitas bagi murid untuk saling
berinteraksi dengan adik kelas maupun kakak kelas sehingga membuka ruang
kolaborasi yang lebih baik.
Pembelajaran (Finding)
Pembelajaran yang saya peroleh dari
tahap B-uat Pertanyaan Utama adalah pentingnya diskusi dan dialog dalam
pelaksanaan maupun pengembangan program baik bersama pemangku kebijakan maupun
pihak lain yang terkait. Saya juga melihat pentingnya melibatkan murid dalam
setiap tahap kegiatan sehingga murid dapat menyuarakan pendapat, membuat
pilihan aktifitas kegiatan yang mereka senangi sehingga lebih bersemangat dan
percaya diri menuju murid yang memiliki Student Agency (Kepemimpinan Murid).
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah pentingnya komunikasi dan interaksi yang
sehat dan suportif untuk pengembangan aset sosial di kalangan murid serta lebih
terbuka dalam menyuarakan pendapat serta ide dan gagasannya dalam program KSN
Biology Project.
Penerapan (Future)
Penerapan kedepan yang dapat saya
lakukan adalah melalui kegiatan diskusi dan dialog dengan warga sekolah
terutama yang terkait dengan program dukungan sumberdaya sekolah yang
dibutuhkan akan semakin besar sehingga dapat terealisasi dengan baik.
Konsistensi pelaksanaan program dapat menjadikan program ini memberikan
kontribusi positif terutama dalam bidang sains. Perbaikan serta kekurangan daya
dukung sekolah, misalnya laboratorium sains maupun laboratorium komputer juga
akan semakin berkembang seiring dengan kebutuhan kegiatan karena ada
kesepahaman terkait dengan tujuan dan kegiatan program KSN Biology Project.
Penerapan Kedepan bahwasannya melalui
kegiatan ekstrakurikuler KSN Biology Project dapat secara konsisten memunculkan
ide-ide kreatif dalam pelaksanaan dan pengembangan program dalam bentuk
aktifitas yang kreatif, inovatif dan beragam menuju murid yang memiliki Student
Agency.
DOKUMENTASI
Alur BAGJA Tahap B-uat Pertanyaan Utama
Alur BAGJA Tahap A-mbil Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar