Senin, 20 November 2023

Aksi Nyata - Modul 3.3: Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Durasi : 4 JP (180 Menit)

Moda: Penugasan Mandiri

 

"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."

- Nadiem Makarim-

REFLEKSI

Peristiwa (Fact)

KSN Biology Project merupakan Program olimpiade dan penelitian bidang studi Biologi untuk melatih siswa memiliki kompetensi akademik dan keterampilan metode ilmiah serta meningkatkan peluang mereka dalam studi lanjut perguruan tinggi terutama pada bidang studi Biologi yang bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, membangun kreativitas murid dalam melakukan penelitian Biologi, mengembangkan sportivitas murid melalui kompetisi olimpiade Biologi maupun penelitian Biologi, memperkuat motivasi murid untuk melanjutkan studi pada Perguruan Tinggi Impian, meningkatkan kecakapan abad 21 yang meliputi kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kecakapan berkomunikasi, kreativitas dan inovasi, serta kolaborasi, membuka kesempatan untuk mendapatkan prioritas melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Pada B-uat pertanyaan Utama Aksi Nyata yang dilakukan adalah Diskusi bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah serta rekan sejawat serta melibatkan murid dalam dialog untuk membangun interaksi yang suportif dan kolaboratif dalam mengembangkan program.

Aksi Nyata Tahap A-mbil Pelajaran saya lakukan dengan mencari tahu lebih lanjut tentang kegiatan apa yang selama ini disukai oleh murid dalam berinteraksi dengan adik maupun kakak kelas, aktivitas apa yang menarik bagi murid dalam membangun sikap ilmiah serta mempelajari kebijakan sekolah yang mendukung pengembangan sikap ilmiah dan keterampilan berinteraksi sosial yang positif. Hal tersebut saya lakukan dengan wawancara dengan murid program KSN tahun sebelumnya, survey dan sharing session komunitas murid/kegiatan ekstrakurikuler yang telah berjalan serta mengidentifikasi kebijakan sekolah tentang kegiatan/program sekolah yang berdampak positif bagi pengembangan sikap ilmiah dan keterampilan berinteraksi sosial yang positif

Perasaan (Feeling)

Perasaan saya optimis untuk dapat melaksanakan dan mengembangkan program dengan baik. Hal tersebut karena adanya dukungan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, rekan sejawat maupun murid. Murid juga antusias untuk memaparkan ide-idenya tentang aktivitas KSN yang akan dilakukan bersama. Perasaan saya senang dan bersemangat karena murid memiliki kemauan yang positif dalam mengembangkan program ketika mereka dilibatkan dalam program yang akan berjalan. Hal ini berdampak pada murid-murid lain yang ingin mengikuti program karena menurut mereka program ini akan lebih menarik daripada KSN pada tahun sebelumnya. Sharing session yang  dilakukan juga dapat menjadi fasilitas bagi murid untuk saling berinteraksi dengan adik kelas maupun kakak kelas sehingga membuka ruang kolaborasi yang lebih baik.

Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang saya peroleh dari tahap B-uat Pertanyaan Utama adalah pentingnya diskusi dan dialog dalam pelaksanaan maupun pengembangan program baik bersama pemangku kebijakan maupun pihak lain yang terkait. Saya juga melihat pentingnya melibatkan murid dalam setiap tahap kegiatan sehingga murid dapat menyuarakan pendapat, membuat pilihan aktifitas kegiatan yang mereka senangi sehingga lebih bersemangat dan percaya diri menuju murid yang memiliki Student Agency (Kepemimpinan Murid). Pembelajaran yang saya dapatkan adalah pentingnya komunikasi dan interaksi yang sehat dan suportif untuk pengembangan aset sosial di kalangan murid serta lebih terbuka dalam menyuarakan pendapat serta ide dan gagasannya dalam program KSN Biology Project.

Penerapan (Future)

Penerapan kedepan yang dapat saya lakukan adalah melalui kegiatan diskusi dan dialog dengan warga sekolah terutama yang terkait dengan program dukungan sumberdaya sekolah yang dibutuhkan akan semakin besar sehingga dapat terealisasi dengan baik. Konsistensi pelaksanaan program dapat menjadikan program ini memberikan kontribusi positif terutama dalam bidang sains. Perbaikan serta kekurangan daya dukung sekolah, misalnya laboratorium sains maupun laboratorium komputer juga akan semakin berkembang seiring dengan kebutuhan kegiatan karena ada kesepahaman terkait dengan tujuan dan kegiatan program KSN Biology Project.

Penerapan Kedepan bahwasannya melalui kegiatan ekstrakurikuler KSN Biology Project dapat secara konsisten memunculkan ide-ide kreatif dalam pelaksanaan dan pengembangan program dalam bentuk aktifitas yang kreatif, inovatif dan beragam menuju murid yang memiliki Student Agency.

DOKUMENTASI

Alur BAGJA Tahap B-uat Pertanyaan Utama


Alur BAGJA Tahap A-mbil Pelajaran


Implementasi tahapan B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) selengkapnya terdapat dalam tautan berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar