Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.
Hal yang menarik bagi saya adalah dengan memahami disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi kita dapat memahami siswa dengan lebih baik dan lebih bijak dalam mengambil sikap pada saat mereka melanggar peraturan. Siswa juga lebih mampu meningkatkan regulasi dirinya dalam bersikap terhadap orang lain baik teman maupun guru dan warga sekolah yang lain.
Berikut skenario Segitiga Restitusi yang diterapkan di sekolah ketika murid melakukan pelanggaran yang memuat 3 sisi yang direkomendasikan. Segitiga restitusi terdiri dari 3 sisi yaitu:
- Menstabilkan identitas (kita semua akan melakukan hal terbaik
yang bisa kita lakukan)
- Validasi tindakan yang salah (semua perilaku meiliki alasan)
- Menanyakan Keyakinan (kita semua memiliki motivasi internal)
KASUS 1
Kelas telah selesai
melakukan praktikum Biologi. Seperti biasa semua kelompok membersihkan meja
praktik dan mengembalikan alat yang telah selesai digunakan ke meja paling
depan. Bagas tidak mengikuti sesi bersih-bersih karena langsung menuju kantin.
Bagas |
: |
Assalamualaikum
|
Bu Wahidah |
: |
Waalaikumsalam
wr. wb. Siahkan masuk.
Selamat siang Bagas |
Bagas |
: |
Selamat siang
bu |
Bu Wahidah |
: |
Apa kabar? |
Bagas |
: |
Alhamdulillah,
baik dan sehat bu |
Bu Wahidah |
: |
Bagas saya
panggil kesini karena tadi saya lihat Bagas langsung keluar laboratorium ya
begitu selesai praktikum? |
Bagas |
: |
Iya bu, soalnya
tadi pagi saya belum sempat sarapan, makanya selesai praktikum saya langsung
buru-buru ke kantin. |
Bu Wahidah |
: |
Ada lagi yang
Bagas ingin sampaikan ke Bu Wahidah? |
Bagas |
: |
Di
laboratorium kan sudah ada petugasnya bu, siswanya tinggal praktikum saja |
Bu Wahidah |
: |
Baiklah,
jadi begini Bagas…memang di laboratorium sudah ada petugasnya, kemudian Bagas
ke kantin setelah praktikum sebenarnya boleh-boleh saja. Tetapi ketika
kelompok kerja belum selesai dan Bagas pergi ke kantin kelompok kerja ini
jadi terlambat menyelesaikan tugasnya. |
Bagas |
: |
Iya bu… |
Bu Wahidah |
: |
Sekarang,
mari kita bicara tentang keyakinan kelas kita. Kira-kira menurut Bagas, apa
yang sudah kita sepakati sebagai keyakinan kelas dan hari ini belum
ditunjukkan oleh Bagas? |
Bagas |
: |
(terdiam
sejenak) saling bekerjasama bu |
Bu Wahidah |
: |
Iya betul, Jadi
kelompok kerja itu dibentuk agar bisa saling bekerjasama satu sama lain.
Setelah kita berbincang seperti ini, kalau tadi Bagas langsung pergi ke
kantin pada sesi bersih-bersih dan mengembalikan alat berarti apakah Bagas
merasa sudah mempraktikkan nilai kerjasama? |
Bagas |
: |
Saya rasa
sudah bu? |
Bu Wahidah |
: |
Sudah apa
belum? |
Bagas |
: |
Belum bu |
Bu Wahidah |
: |
Kalau belum,
berarti kira-kira menurut Bagas apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki
permasalahan ini? |
Bagas |
: |
Saya berjanji
tidak akan mengulanginya lagi bu, dan saya akan minta maaf pada teman-teman
kelompok saya. |
Bu Wahidah |
: |
Itu saja? |
Bagas |
: |
Apa ya bu? Setelah
saya minta maaf, saya juga akan membantu teman sekelompok saya untuk
mengerjakan laporan praktikum dan presentasi. Saya berjanji tidak akan
mengulanginya lagi bu |
Bu Wahidah |
: |
Nah, itu
gagasan yang bagus sekali. Jadi karena dalam kelompok kerja itu harus saling
bekerjasama satu sama lain, maka harus bekerja dalam tim sampai dengan
seluruh tugas selesai dikerjakan. |
Bagas |
: |
Baik bu |
Bu Wahidah |
: |
Saya
mengapresiasi Bagas suah mengakui kesalahannya dan bersedia
mempertanggungjawabkan perbuatannya. Jadi, orang yang hebat itu akan terus
tumbuh menjadi lebih baik dengan terus memperbaiki diri. Begitu ya… |
Bagas |
; |
Baik bu
|
Bu Wahidah |
: |
Sekarang Bagas
boleh kembali ke kelas dan lakukan yang disampaikan tadi ya |
Bagas |
: |
Terima kasih
bu |
Bu Wahidah |
: |
Selamat
belajar ya |
Bagas |
: |
Assalamualaikum |
Bu Wahidah |
: |
Waalaikumsalam
wr. wb. |
KASUS 2
Anin |
: |
Assalamualaikum |
Bu Wahidah |
: |
Waalaikumsalam
wr. wb. |
Anin |
: |
Selamat Siang
Bu |
Bu Wahidah |
: |
Selamat siang.
Silahkan duduk Anin |
Anin |
: |
Iya bu |
Bu Wahidah |
: |
Apa kabar? |
Anin |
|
Baik bu |
Bu Wahidah |
: |
Anin, saat
praktikum Biologi bu Wahidah dengar kamu Anin memecahkan lup ya? |
Anin |
: |
Iya bu, tadi
saya ingin berfoto selfi untuk mengunggahnya di sosial media dengan hasil
pengamatan saya, tapi tanpa sengaja menjatuhkan lupnya bu |
Bu Wahidah |
: |
Baiklah,
berfoto selfi itu sebenarnya boleh-boleh saja. Bu Wahidah juga suka berfoto
selfi, nanti kadang-kadang hasilnya saya unggah di blog pribadi sambil
belajar menulis artikel. Anin saya panggil kesii bukan untuk menyalahkan. Tapi,
kita akan mencari solusi bersama atas permasalahan ini |
Anin |
: |
Iya bu, saya
minta maaf bu… |
Bu Wahidah |
: |
Bu
Wahidah paham pasti sangat menyenangkan kalau teman-temanmu melihat di sosial
media hasil praktikumnya Anin itu bagus dan belajar Biologi itu menyenangkan.
Tapi Anin jadi merugikan orang lain, karena lup yang seharusnya dipakai untuk
kelompok terjatuh dan pecah, kemudian teman-temannya menjadi ramai setelah
itu. |
Anin |
: |
Iya bu, besok
saya mau minta maaf pada teman-teman dan mengganti lupnya bu, trus saya
berjanji tidak akan mengulanginya lagi. |
Bu Wahidah |
: |
Sebelum
itu, kita kan diawal pembelajaran suah menyepakati tentang keyakinan kelas
ya. Sekarang, menurut Anin keyakinan kelas mana yang belum Anin tunjukkan
hari ini? |
Anin |
: |
(terdiam
sejenak) Saling menghormati bu |
Bu Wahidah |
: |
Iya betul.
Jadi kita harus menghormati antar teman, didalam kelas saat kita praktikum
bersama alat an fasilitas laboratorium kita jaga bersama. Begitu ya Anin… |
Bu Wahidah |
: |
Baiklah,
permohonan maafmu sudah saya terima, sekarang kembali ke kelas untuk
mengikuti pelajaran selanjutnya dan lakukan seperti yang telah kamu sampaikan
tadi ya |
Anin |
: |
Iya bu |
Bu Wahidah |
: |
Nanti jika
kelompokmu belum selesai praktikum, Bu Wahidah siap membantu |
Anin |
: |
Baik bu
Wahidah. Terima kasih atas bantuannya |
Bu Wahidah |
: |
Sudah ya,
silahkan kembali ke kelas. |
Anin |
: |
Terima kasih
bu Assalamualaikum |
Bu Wahidah |
: |
Waalaikumsalam
wr. wb. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar